LKS.01. Waktu
90 menit
MATA PELAJARAN : Biologi
MODEL : Non Eksperimen
JUDUL : Sistem Reproduksi Manusia
KLS / SEMESTER : XI./ II
STANDAR KOMPETENSI DASAR. 3.
Menjelaskan
struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau
penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas
KOMPETENSI
DASAR. 3.7.
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi,menstruasi, fertilisasi, kehamilan dan pemberian ASI serta
kelainan / penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
INDIKATOR
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi sistem reproduksi pada laki-laki dan wanita.
TUJUAN
1. Menjelaskan
struktur dan fungsi reproduksi pada laki-laki
2. Menjelaskan
struktur dan fungsi reproduksi pada wanita.
1.
Petunjuk
belajar
1. Pelajarilah
LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada.
2. Pelajarilah
buku rujukan / lakukan telaan referensi ayng anda miliki.
3. Diskusikanlah
dalam kelompok kalian tentang struktur dan fungsi reproduksi pada laki-laki dan
pada wanita.
2.
Informasi
1. Reproduksi
merupakan salah satu cirri terpenting makhluk hidup yang bertujuan membentuk
individu baru atau keturunan untuk melestarikan jenisnya.
2. Alat
kelamin laki-laki berfungsi menghasilkan gamet jantan, yaitu Spermatozoa (sperma).
3. Alat
kelamin laki-laki dibedakan menjadi : alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.
- Alat kelamin laur berupa penis sebagai kopulasi (persetubuhan)
- Alat kelamin dalam terdiri dari :
1. Testis,
alat kelamin laki-laki bagian dalam yang berbentuk bulat telur dan jumlahnya
sepasang berfungsi tempat pembentukan sel kelamin jantan (Spermatozoa) dan hormon kelamin.
2. Saluran
reproduksi terdiri atas :
- Duktus Epidermis, tempat pematangan sperma
lebih lanjut dan tempat penyimpanan sperma sementara.
- Vasa Deferensia, suatu saluran yang
berfungsi mengangkut sperma ke Vesika Seminalis (kantong sperma).
3. Kelenjar
kelamin terdiri atas :
-
Vesikula Seminalis, untuk memberi makan sperma
- Kelenjar prostat, menyeimbangkan keasaman
residu urin uretra dan keasaman vagina.
- Kelenjar bulbouretral, kelenjar kecil yang
berjumlah sepasang dan terletak disepanjang Uretra.
4. Alat
kelamin wanita dibedakan menjadi alat kelamin luar dan alat kelamin dalam
- Alat kelaimin luar terdiri atas :
1. Labia
mayor (bibir luar vagina yang tebal)
2. Mons
Veneris
3. Labia
minor (bibir kecil)
4. Klitoris
5. Orificium
Urethrae
6. Himen
(selaput darah)
- Alat kelamin dalam terdiri atas :
1. Indung
telur ovarium berjumlah sepasang terletak di rongga perut
2. Oviduk
(tuba Fallopi) menghubungkan ovarium dengan rahim
3. Uterus
(rahim) merupakan ruangan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
4. Vagina,
sebuah tabung berlapiskan otot yang membujur kearah belakang dan atas.
5. Reproduksi
pada hewan secara umum tidak berbeda dengan reproduksi pada tumbuhan yaitu:
- Dapat berlangsung secara kawin (Generatif)
- Dapat berlangsung secara tidak kawin (Vegetatif)
6. Proses
reproduksi secara kawin pada hewan dibedakan atas :
- Konyugasi, peleburan dua buah sel gamet (kelamin) yang belum dapat di bedakan antara gamet jantan dan gamet betina.
- Fertilisasi, umumnya terjadi pada hewan tingkat tinggi
7. Reproduksi
pada hewan Vertebrata dibedakan atas : Ovipar, Ovovipar dan Vivipar.
3.
Langkah
Kerja
- Lakukan telaah referensi tentang organ reproduksi
- Diskusikan dengan teman kelompok tentang struktur dan fungsi reproduksi pada laki-laki dan wanita
- Diskusikan pertanyaan bahan diskusi serta rumuskan kesimpulannya
- Tanyakan pada siswa kelompok lain atau pada guru yang bersangkutan jika ada hal yang belum dipahami dengan baik.
BAHAN
DISKUSI
1. Apa
saja struktur reproduksi laki-laki? Bagaimana fungsi masing-masing struktur
tersebut?
2. Apa
saja struktur reproduksi wanita? Bagaimana fungsi masing-masing struktur
tersebut?
3.
Apakah fungsi alat kelamin laki-laki?
4.
Apakah fungsi alat kelamin wanita?
5.
Golongan hewan apa saja yang reproduksinya
tidak kawin?
Jawaban
Diskusi
Kesimpulan
Kelompok
: …………………..
1.
2.
3.
4.
5.
Kolom Penilaian
Nama Siswa
|
Kelas
|
Nilai
|
Paraf Guru
|
|
|
|
|
Catatan
:
|
No comments:
Post a Comment