LEMBAR KERJA SISWA
Judul : Keanekaragaman gen dan jenis
Model : pengamatan lingkungan (experimen)
Kelas/semester : X/2
Standar kompetens : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar : 3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis dan
ekosistem melalui kegiatan pengamatan
Indikator
1. Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis mahluk hidup dari
hasil pengamatan lingkungan
2. Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari mahluk
hidup dari hasil pengamatan
3. Menentukan jenis organisme khas daerah/wilayah dan mendeskripsikan keanekaragaman gennya.
Tujuan :
1. Menjelaskan konsep keanekaragaman hayati
2. Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis mahluk hidup
dari hasil pengamatan
3. Menjelaskan persamaan dan perbedaan sifat pada tumbuhan
4. Menjelaskan konsep keseragaman dan keberagaman
5. Menentukan jenis organisme khas daerah/wilayah dan mendeskripsikan keanekaragaman gennya.
Informasi pendukung
Keberagaman mahluk hidup dan ekosistemnya membentuk keanekaragaman hayati. Mahluk hidup dan lingkungan saling bergantung satu sama lain, misalnya untuk memperoleh makanan, untuk mendapatkan air dan lain sebagainya.
Keanekaragaman hayati menunjukan pada semua jenis tumbuhan,hewan dan jasad renik
(mikroorganisme),serta proses ekosistem dalam ekologis dimana kita berada.
Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan organisme,mulai dari tingkat organisme yang rendah sampai organisme tingkat tinggi.
Keanekaragamn hayati menggambarkan berbagai fariasi sifat dan ciri pada setiap tingkat keanekaragaman . Secara umum keanekaragaman hayati terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu keanekaragamn gen,keanekaragaman jenis, dan keanekaragamn spesies
Alat/bahan
1. 5 lembar daun puring
2. 5 lembar daun puring jenisnya sama pohonya berbeda
3. 5 lembar daun pepaya
4. alat tulis dan mistar penggaris
Petunjuk kerja
1. Bentuklah kelompok kerja yang terdiri dari 4 orang siswa
2. Lakukan observasi terhadap ciri morfologi setiap daun: Warna daun, Panjang daun, bentuk daun, sistem pertulangan dan sifat permukaan daun
4 Konsultasikan dengan guru jika menemukan kesulitan dalam mengerjakan
tugas
5. Setelah mengerjakan tugas dalam kelompok, maka presentasikan tugas yang
telah kalian kerjakan didepan kelas dan anggota kelompok lain menanggapi
6. Catatlah data hasil observasi kalian dalam bentuk tabel berikut
Tabel pengamatan ciri morfologi daun
Ciri Morfologi yang diamati | 1 | 2 | Daun ke … 3 | 4 | 5 |
Warna daun | | | | | |
Panjang daun | | | | | |
Bentuk daun | | | | | |
Sifat pertulangan | | | | | |
Sifat permukaan daun | | | | | |
Pertanyaan
- Jelaskan pendapatmu tentang jumlah persamaan sifat pada tanaman sejenis,
Bandingkan pula perbedaanya
Persamannya ………………………………..
Perbedaanya ………………………………..
2 . Jelaskan pendapatmu tentang jumlah persamaan sifat pada tanaman yang berbeda
Jenis, bandingkan pula dengan perbedaannya ………………………..
…………………………………………………………………………
3. Faktor apakah yang menyebabkan perbedaan sifat yang sejenis
……………………………………………………..........................
4. Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi
Nama kelompok
1 ……………
2 ………………
3 ………………
4 ……………
jwban tabel semua
ReplyDelete