Thursday, December 20, 2012

LKS ruang lingkup Biologi (contoh lks pendidikan antikorupsi)



Lembar Kegiatan Siswa
MATA PELAJARAN                        : BIOLOGI
MODEL                                            : NON EKSPERIMEN
JUDUL                                             : RUANG LINGKUP BIOLOGI
KELAS/ SEMESTER                       : X/ 1
Standar Kompetensi                          :   1. Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar                             :  1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Indikator                                 :
Menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menuliskan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi
  • Menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
  • Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
  • Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
·         Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi  sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
Tujuan :
  • Siswa mampu menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menulisan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi
  • Siswa mampu menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
  • Saiswa dapat membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Siswa dapat mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
  • Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
·         Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi  sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
  • Siswa dapat menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.
1.      Petunjuk Belajar: 
a.       Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang setiap kelompok.
b.      Lakukan pengamatan lingkungan dan study literatur tentang ruang lingkup biologi untuk memperkuat  pemahaman anda.

2.      Informasi                :
Biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai fenomena kehidupan makhluk hidup pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan lingkungan.Seiring dengan permasalahan manusia yang semakin kompleks, membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari obyek-obyek biologi. Obyek yang dipelajari tidak hanya seputar manusia saja, namun juga tumbuhan, hewan, lingkungan, virus, bakteri, jamur sampai pada fosil. Kondisi ini membuat semakin luasnya ruang lingkup biologi.
3.      Lengkapi tabel pengamatan berikut berdasarkan pengamatan di lapangan :

No
Makhluk hidup
Makhluk tak hidup
1


2


3


4


5



4.      Bahan diskusi :
                       1.         Dari hasil pengamatan kalian, apakah alasan sehingga dikatakan makhluk hidup ?
  1. Apakah ada makhluk hidup yang tidak dapat teramati langsung dilapangan ? mengapa!
  2. Susunlah dalam suatu bagan ruang lingkup biologi dalam tingkat organisasi kehidupan sesuai hasil pengamatan kalian !
  3. Dikaitkan dengan ilmu murni lain, bagaimanakah kedudukan biologi dengan ilmu tersebut?
  4. Dari pengamatan lapangan, dilihat dari objek dan permasalahannya, cabang biologi apa yang berkenaan?
  5. Mengapa mempelajari biologi dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan kehidupannya?
  6. Apakah yang perlu diwaspadai dari dampak yang timbul dari perkembangan ilmu biologi ?
  7. Bagaimana peran IPTEK dalam perkembangan Biologi ?
  8. Kesimpulan : ..............................................................


Penilaian
Nilai / Paraf guru
Nama Siswa :

Nis               :

Kelompok   :

6 comments:

  1. assalamualaikum ibu boleh saya tau isinya ? terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Did you hear there's a 12 word sentence you can speak to your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness to you deep within his chest?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, cherish and protect you with his entire heart...

    =====> 12 Words Will Fuel A Man's Desire Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will drive him to work better than ever before to to be the best lover he can be.

    As a matter of fact, fueling this dominant instinct is absolutely binding to getting the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his soul and heart to you in a way he's never expressed before and he will distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly appealed to him.

    ReplyDelete