LEMBAR KERJA SISWA  
Judul                           :  Keanekaragaman gen dan jenis
Model                          :  pengamatan lingkungan (experimen)
Kelas/semester            :  X/2
Standar kompetens      : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi dasar        : 3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis dan 
                                              ekosistem melalui kegiatan pengamatan
Indikator        
1.      Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis mahluk hidup dari
hasil pengamatan lingkungan 
2.      Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman  dari mahluk
hidup dari hasil pengamatan 
3.      Menentukan jenis organisme khas daerah/wilayah dan mendeskripsikan keanekaragaman gennya.
Tujuan                       :
1.      Menjelaskan  konsep keanekaragaman hayati
2.      Mengidentifikasi keanekaragaman gen dan jenis mahluk hidup
      dari hasil pengamatan
3.   Menjelaskan persamaan dan perbedaan sifat pada tumbuhan
4.      Menjelaskan konsep keseragaman dan keberagaman
5.      Menentukan jenis organisme khas daerah/wilayah dan mendeskripsikan keanekaragaman gennya.
Informasi pendukung
            Keberagaman mahluk hidup dan ekosistemnya membentuk keanekaragaman hayati. Mahluk hidup dan lingkungan saling bergantung satu sama lain, misalnya untuk memperoleh makanan, untuk mendapatkan air  dan lain sebagainya.
Keanekaragaman hayati menunjukan pada semua jenis tumbuhan,hewan dan jasad renik
(mikroorganisme),serta proses ekosistem dalam ekologis dimana kita berada.
Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan organisme,mulai dari tingkat organisme yang rendah sampai organisme tingkat tinggi.
            Keanekaragamn hayati menggambarkan berbagai fariasi sifat dan ciri pada setiap tingkat keanekaragaman . Secara umum keanekaragaman hayati terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu keanekaragamn gen,keanekaragaman jenis, dan keanekaragamn spesies
Alat/bahan
1.      5 lembar daun puring
2.      5 lembar daun puring jenisnya sama pohonya berbeda
3.      5 lembar daun pepaya
4.      alat tulis dan mistar penggaris
Petunjuk kerja
1.      Bentuklah kelompok kerja yang terdiri dari 4 orang  siswa
2.      Lakukan observasi terhadap ciri morfologi setiap daun: Warna daun, Panjang daun, bentuk daun, sistem pertulangan dan sifat permukaan daun
4   Konsultasikan dengan guru jika menemukan kesulitan dalam mengerjakan 
tugas
5.      Setelah mengerjakan tugas dalam kelompok, maka presentasikan tugas yang
telah kalian kerjakan didepan kelas dan anggota kelompok lain menanggapi
6.  Catatlah data hasil observasi kalian dalam bentuk tabel berikut
Tabel pengamatan ciri morfologi daun
|  | 
| Ciri Morfologi yang   diamati |         1 | 2      |  Daun   ke …          3 |          4 |         5 | 
| Warna daun |  |  |  |  |  | 
| Panjang daun |  |  |  |  |  | 
| Bentuk daun |  |  |  |  |  | 
| Sifat pertulangan |  |  |  |  |  | 
| Sifat permukaan daun |  |  |  |  |  | 
Pertanyaan
 Jelaskan pendapatmu      tentang jumlah persamaan sifat pada tanaman sejenis, Jelaskan pendapatmu      tentang jumlah persamaan sifat pada tanaman sejenis,
Bandingkan pula perbedaanya
Persamannya ………………………………..
Perbedaanya ………………………………..
2 . Jelaskan pendapatmu tentang jumlah persamaan sifat pada tanaman yang berbeda
            Jenis, bandingkan pula dengan perbedaannya ………………………..
            …………………………………………………………………………
3. Faktor apakah yang menyebabkan perbedaan sifat yang sejenis
            ……………………………………………………..........................
     4. Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi
|  | 
 Nama kelompok
            1  ……………
            2  ………………
            3  ………………
            4  ……………
 
 
jwban tabel semua
ReplyDelete